Solusi Terbaik Untuk Mengatasi Bahaya Rokok?

Bahaya Rokok

     Rokok bukanlah barang langka di negeri ini, dari mulai kalangan bawah sampai kalangan terpelajar telah menjadi pecandu rokok. Dan saking murahnya rokok di Indonesia seorang pelajar pun dapat membeli rokok hanya dengan uang jajannya.
Lalu bagaimana awal mula rokok di temukan? Dan apa penyebab harga rokok di Indonesia sangatlah murah?


Baca Juga: Solusi Harga Rokok Yang Makin Mahal!


Awal mula rokok ditemukan!


     Sudah sejak ribuan tahun yang lalu daun tanaman tembakau atau Nicotiana Tabacum telah digunakan oleh manusia. Dahulu, tembakau dibakar dan dihisap melalui sebuah pipa pada penutupan upacara sakral suku Maya dan Aztec. Tembakau pertama kali dibudidayakan untuk sebuah kepentingan ekonomi pada abad ke-16 di Amerika Utara.

     Seiring dengan penemuan dan penaklukan benua baru oleh Bangsa Eropa, tembakau pun mencapai daratan Eropa yang akhirnya menyebar hingga ke seluruh dunia. Pada abad ke-19 industri rokok mulai bertumbuh dengan sangat pesat di Amerika Serikat.

     Singkatnya, pada tahun 1980-an karena banyaknya himbauan akan bahaya rokok membuat pemerintah Amerika Serikat mulai mengambil tindakan untuk membatasi rokok. Dari mulai memberikan label peringatan pada bungkus rokok, hingga dilarangya perusahaan rokok untuk beriklan di telivisi maupun radio. Hal inilah yang menyebabkan perusahaan rokok mengalami kemunduran dan sulit untuk menjual produknya di Amerika Serikat.
     Dan dari sanalah produsen rokok mulai melirik untuk melakukan ekspansi produknya ke negara-negara berkembang termasuk Indonesia.


Philip Morris

     Pada tahun 2005 Philip Morris, Perusahaan Rokok terbesar di dunia berhasil mengakuisisi 98% saham produsen rokok terbesar di Indonesia yaitu Sampoerna.
     Indonesia adalah pasar terbesar industri rokok kedua di Asia setelah China. Dengan populasi lebih dari 250 juta jiwa, sebanyak 54 juta orang dewasa dan 3 juta remaja Indonesia menjadi perokok aktif.

     Menurut WHO, perokok remaja di Indonesia akan terus bertambah jumlahnya dikarenakan industi rokok di Indonesia memiliki target pasarnya adalah anak muda untuk dijadikan sumber pendapatan pada beberapa dekade ke depan.
     Faktor yang menyebabkan setiap orang dengan mudah mendapatkan rokok bukan hanya karena distribusinya yang begitu luas hingga mencapai pelosok nusantara, tetapi juga karena rokok di Indonesia yang sangat murah.


Penyebab harga rokok di Indonesia sangatlah murah?


     Bahan baku yang dipakai untuk pembuatan rokok sebagian besar berasal dari dalam negeri, ditambah biaya tenaga kerja yang murah di Indonesia menyebabkan biaya produksi industri rokok menjadi lebih rendah.
     Kasarnya, orang termiskin di Indonesia pun dapat menjadi konsumen rokok.

     Jadi, Apakah menurut kalian wacana pemerintah untuk menaikkan harga rokok menjadi 50ribu adalah solusi terbaik untuk mengurangi konsumsi rokok di Indonesia?
Bahaya Rokok

Silahkan sharing pendapat kalian di kolom koment di bawah ya! :D

Post a Comment

3 Comments

  1. ijin nanya gan :) Bukanya harga rokok di Indonesia dah naik ya? apa itu cuma wacana?

    ReplyDelete
  2. kalo mnrt ane naikin harga ga bakal bisa hentiin perokok buat ngerokok, tp kalo ngurangin mngkin bs deh, nice info gan

    ReplyDelete
  3. kalo rokok 50rb mending dibuat nabung aja gan, pasti bakalan berpikir ulang tuh konsumen :D hehe

    ReplyDelete