Inilah Kenapa Sidik Jari Setiap Orang Berbeda

Sidik Jari

     Seperti yang kita ketahui bahwa setiap manusia di muka bumi ini diciptakan dengan keunikannya masing-masing. Begitu pulsa dengan sidik jari yang kita punya hingga saat ini.

Lalu mengapa sidik jari setiap orang berbeda dan apa tujuannya ?

     Sidik jari yang kamu miliki, memiliki ketahanan yang luar biasa sehingga tidak berubah sejak kamu lahir dan tidak dapat dirubah oleh siapa pun.
Contohnya saja, orang yang terlahir kembar identik bahkan memiliki pola sidik jari yang khas dan berbeda satu sama lain. Dengan kata lain kita sudah memiliki tanda pengenal sejak kita dilahirkan atau bahkan saat kita masih didalam kandungan pada setiap ujung jari kita.

     Penekanan pada sidik jari memiliki makna yang sangat khusus, ini dikarenakan sidik jari setiap orang di dunia adalah khas bagi dirinya sendiri. Setiap orang yang hidup ataupun pernah hidup didunia ini memiliki serangkaian sidik jari yang unik dan berbeda dari orang lain. Itulah mengapa sidik jari dipakai sebegai kartu identitas yang sangat penting bagi pemiliknya dan digunakan untuk tujuan ini di seluruh penjuru dunia.

Sidik Jari
Photo By:Goole Image

     Keringat dan minyak yang keluar dari tubuhmu akan menyebabkan saat kamu beraktifitas, kamu akan meninggalkan sidik jari di semua benda yang kamu sentuh. Oleh karena itu dengan teknik tertentu kamu bisa melacak orang terakhir yang menggunakan benda kesayanganmu. Teknik inilah yang sering digunakan oleh polisi untuk menangkap para kriminal dengan cara melacak sidik jari yang ditinggalkan oleh para pelaku kejahatan.

     Mungkin itulah beberapa tujuan mengapa setiap sidik jari diciptakan berbeda oleh Tuhan.

Namun Apa penyebab ilmiahnya ?

     Secara ilmiah, sidik jari tercipta ketika kita masih berada di dalam rahim ibu dengan kombinasi yang unik dari stem sel. Lapisan basal akan tumbuh lebih cepat daripada lapisan sekitarnya, kemudian lapisan basal akn melipat dan dibantu oleh lapisan epidermis bagian dalam dan bagian luar yang kemudian membentuk suatu pola yang sangat kompleks yang saat ini kita sebut sebagai sidik jari.

     Selain itu, perbedaan suhu dan reaksi kimia dalam janin akan menyebabkan perbedaan pola sidik jari pada setiap manusia sehingga setiap manusia didunia ini akan memiliki sidik jari yang unik dan bebeda.
     Bahkan beberapa sumber yang pernah saya baca (khazanah islam) kalau perbandingan untuk sidik jari yang sama adalah 1:64 milyar.

Bayi_dalam_janin
Photo By:Goole Image

Nah gimana nih gan ? udah puas belum dengan pengetahuan kali ini.
Kalau belum, tongkrongin terus yah blog ini untuk pengetahuan lainnya hihihi :D


Jangan lupa share ke teman-teman kamu biar yang gak tau jadi tau hehehe :D

Post a Comment

0 Comments