Mandi Di Malam Hari Dapat Menyebabkan Rematik?

rematik

     Pada suatu hari, tepatnya di malam hari kamu ingin mandi tetapi kamu dilarang orang tua kamu untuk mandi karena katanya mandi malam dapat menyebabkan rematik.
Lalu benarkah mandi di malam hari dapat menyebabkan rematik? mari saya jelaskan :D

     Mandi merupakan salah satu kebutuhan tiap orang untuk membersihkan diri dari kotoran yang terlihat maupun tak terlihat seperti kuman penyebab penyakit.
     Kebutuhan mandi pada setiap orang juga beda-beda tergantung pada aktifitas yang dilakukannya. Ada orang yang mandi teratur pada pagi dan sore hari, tapi ada juga yang terpaksa harus mandi pada malam hari karena kesibukan.

     Namun ada orang-orang yang merasa khawatir jika harus mandi pada malam hari karena stigma yang muncul dari masyarakat bahwa mandi di malam hari dapat menyebabkan rematik. Apa benar demikian?
Pertama-tama saya jelaskan terlibih dahulu pengertian rematik.


Apa itu Rematik?

rematik

     Rematik atau Artitis adalah penyakit yang dapat menimbulkan rasa sakit pada penderitanya akibat otot atau persendian yang mengalami peradangan dan pembengkakan.
     Secara umum rematik di tandai dengan beberapa gejala seperti pembengkakan, radang, sendi yang kaku, nyeri di lutu, siku, pergelangan, maupun di bagian sendi lainnya.

     Apa Benar Bila Mandi Malam Dapat Menyebabkan Rematik?
Stigma yang beredar di masyarakat tentang rematik tersebut adalah salah adanya atau biasa di sebut mitos, sebab mandi di malam hari tidak akan membuat kita Rematik!
     Tapi, mandi malam dengan air dingin jelas akan memperberat atau memperparah keluhan nyeri rematik. Artinya, bagi mereka yang memang sudah menderita nyeri rematik tidak di anjurkan mandi malam, kalau pun memang merasa bau dan ingin mandi maka di utamakan mandi dengan air hangat.

     Jadi kesimpulannya adalah mandi di malam hari dapat menyebabkan rematik hanya berlaku pada penderita rematik dan apa bila kita tidak menderita penyakit tersebut maka mandi di malam hari tidak akan menyebabkan rematik.

     Tapi meskipun tidak menyebabkan rematik, kita harus tetap mengusahakan tidak mandi malam karena meskipun kita tidak menderita penyakit rematik, mandi di malam hari dengan air dingin bisa membuat otot kaku jika kalian memang seorang yang tidak kuat dingin.

Silahkan sharing juga pendapat kalian masing-masing tentang bahaya mandi malam di kolom komentar :D

Post a Comment

8 Comments