Penyebab Kenapa Kita Bisa Melupakan Sesuatu

Lupa

     Otak adalah organ yang luar biasa, tetapi terkadang otak kita dapat mengecewakan kita. Seperti saat kita tiba-tiba lupa nama orang yang seharusnya kita ingat atau kita melupakan tanggal ulang tahun orang yang paling kita sayangi dan akhirnya hubungan kita dengan dia menjadi renggang :v.

Jadi apa sih yang menyebabkan kita bisa lupa ?


     Untuk mengawalinya coba kamu bayangkan sebuah uang 1000 rupiah. Mungkin kamu akan membayangkan sebuah gambar gunung dimana dibawahnya terdapat sebuah kapal yang sedang mengarungi sebuah danau.

     Tetapi mungkin kamu tidak akan mengingat hal detail lainnya. Contohnya, apakah kamu ingat jika pahlawan pattimura memiliki tahi lalat di bawah matanya? :v becanda gan ..heheh

     Alasan mengapa kita tidak bisa mengingat setiap detail dari uang 1000 rupiah tersebut adalah uang tersebut tidak menjadi hal spesial untuk kita. Namun, jika kita mengistimewakan uang tersebut dari uang yang lain, maka kita akan mengingat setiap detail dan memasukannya ke dalam ingatan jangka panjang.

     Semua detail pengalaman yang kamu ingat hingga saat ini seperti saat kamu sedang membaca artikel ini akan dikombinasikan ke dalam bagian otak bernama Hippocampus
     Otak kamu bekerja seperti jaringan dimana kita hanya bisa mengingat sesuatu sesuai dengan kata kunci yang telah kita buat sebelumnya. Contohnya, saat kita mendengar nama moku31 maka yang akan kita ingat adalah sebuah blog informasi terkini yang mengulas tentang teknologi, tips dan informasi lainnya, tetapi masalah muncul ketika ada satu lagi memori yang terekam dengan kata kunci yang sama.

lupa

     Jika kamu pernah bertemu seseorang yang wajahnya mirip dengan teman lamamu, maka kamu akan cenderung sulit mengingat nama teman baru kamu tersebut karena wajahnya sudah memiliki arti yang lain bagimu dan ingatan kamu bertumbukan satu sama lain.
     Selain itu ada sebuah teori yang bernama Decay Theory atau Teori Kemerosotan yang menyebutkan bahwa ingatan akan semakin pudar seiring berjalannya waktu. Artinya, jika kamu tidak rajin mengingat sesuatu maka kamu akan dapat dengan mudah melupakannya.

Jadi, hal apa yang sering kamu lupakan? silahkan kamu sharing di kotak koment di bawah ya :D

Post a Comment

13 Comments

  1. Benar sekali.
    Dengan belajar mengingat dan selalu membiasakannya.
    Maka pikun akan lama menyerang.
    Hanya saja dunia semakin modern, jadi manusia semakin dimanjakan dengan alat tambahan pengingat.
    Nice share min

    ReplyDelete
    Replies
    1. widiih mantep kata"nya gan :D
      siip makasih bro

      Delete
  2. Byk pikiran juga bisa menyebabkan lupaa

    ReplyDelete
  3. Artikel inspiratif di pagi yg cerah gan

    ReplyDelete
  4. Kalo kata orang sunda suka lupa itu banyak dosa ke orang tua,,hhee

    ReplyDelete
  5. Pantesan ganpang lupa akunya itu sebabnya :D

    ReplyDelete
  6. artikel yang sangat keren sob thanks

    ReplyDelete