Populasi Harimau meningkat tapi tidak di negeri ini

Tiger Population

Seperti yang kita ketahui, harimau adalah salah satu spesies yang terancam punah bahkan jumlah kucing terbesar di Asia ini tidak lebih dari 4000 ekor saja.

Berdasarkan data tahun 2016 jumlah Harimau di dunia meningkat menjadi 3.871 yang sebelumnya pada tahun 2010 hanya terdapat 3.200 ekor
Namun, hal ini tidak terjadi pada Harimau milik Indonesia, yaitu Harimau Sumatera. Hal ini dikarenakan populasi Harimau Sumatera terus menurun dari angka 400 menjadi 371 yang hidup di Pulau Sumatera. Penyebab utama menurunnya populasi Harimau Sumatera adalah adanya perubahan status lahan dan maraknya perburuan yang mengincar organ spesies ini.


Global Wild Tiger Status

Global Wild Tiger Status
WWF International 2016



Ada beberapa komentar dari teman kita untuk kasus ini yang mungkin dapat meningkatkan kesadaran kita semua untuk menjaga dan melindungi satwa yang terancam punah ini.
"Saya orang jawa,,kakek saya bercerita, dahulu di hutan hutan pulau jawa banyak macan loreng/harimau jawa, bahkan di bali pun ada, sekarang harimau jawa dan bali tinggal cerita, negri kita hanya menyisakan harimau sumatra, mari kita dukung setiap upaya penyelamatan satwa ini, agar tak jdi cerita seperti saudaranya yg dari jawa dan bali" -Ivan River

Ya, semua berasal dari kesadaran kita masing-masing , bukan hanya terhadap satwa ini, tetapi juga alam ini dan isinya, kurangnya kecintaan terhadap alam ini membuat kita menjadi perusak alam tanpa kita sadari, yang nantinya bisa berdampak pada diri kita sendiri.

Jadi mari kita tingkatkan kesadaran kita untuk mencintai alam ini, karena dengan mencintai maka akan timbul rasa untuk menjaga, melindungi dan merawat.

Jangan lupa share ya untuk buktikan kepedulianmu terhadap spesies Harimau Sumatera di Indonesia. Ayo bersama jaga kepunyaan kita! Kalau bukan kita siapa lagi ? :D

Post a Comment

2 Comments