Inilah Tempat Terpanas Di Permukaan Bumi

Gurun

     Saat kita terjebak macet dijalanan jakarta pada siang hari yang terik kita mungkin merasa sedang berada di tempat terpanas didunia. Tapi pernahkah kita bertanya-tanya dimanakah sebetulnya tempat terpanas di permukaan bumi ?

     Ternyata, jawabannya bukanlah Death Valley, bukan pula Gurun Sahara, atau bahkan Bekasi di Indonesia hehehe... Rekor tempat terpanas dimuka bumi rupanya dipecahkan oleh Dasht-e-Lut atau Gurun Lut di Iran. Konon, saking panasnya jangankan hewan dan tumbuhan bakteria pun tak kuasa bertahan hidup disana.
Gurun Lut
Photo By;Google Image
     Bahkan pada musim panas tahun 2005 permukaan Gurun Lut mencapai suhu tertinggi yang pernah tercatat secara ilmiah, yaitu 70,7 °C. Dengan suhu yang sama kita bahkan bisa menggoreng sebutir telur mata sapi welehweleh serem amat ya gan xD.


Apa Penyebab Gurun Lut Sangat Panas ?

     Ada beberapa faktor utama yang membuat Gurun Lut sangat panas. Pertama, curah hujan dan jumlah tanaman di Gurun Lut sangatlah minim. Sehingga kondisinya menjadi luar biasa kering.
Kedua, Gurun Lut memiliki permukaan yang berbatu sehingga panas sinar matahari sangat mudah diserap. Namun, cuma sedikit yang dipantulkan kembali.
Hali ini di dukung oleh faktor ketiga, yaitu warna tanah. Semakin gelap warna permukaan tanah suatu tempat, makin panas pula suhunya.

Lalu bagaimana suhu permukaan bumi dapat diukur dengan tepat? 

     Para peneliti menggunakan sebuah perangkat bernama MODIS yang ditempatkan di satelit milik NASA untuk memetakan suhu seluruh permukaan bumi secara akurat melalu citra inframerah. Termasuk tempat-tempat yang sulit dijangkau manusia karena suhunya yang terlalu extreme seperti Gurun Lut.


MODIS


     Bagaimanapun karena pengaruh banyak faktor, suhu di Gurun Lut masih dapat berubah-ubah meski tidak terlalu drastis. Jadi, mungkin tidak selamanya Gurun Lut Akan menjadi tempat terpanas dimuka bumi. Siapa tahu, Bekasi masih punya kesempatan untuk menyandang gelar tersebut hahaha.

     Untuk itu kita perlu tetap update dan jangan cepat puas dalam mencari informasi karena disadari atau tidak. Perubahan akan terus tetap terjadi sepanjang waktu.

Sekian dan Terima Kasih
Jangan Lupa Share ya, biar teman kalian jadi tau :D

Post a Comment

4 Comments

  1. Sampai 70 derajat...gag kebayang panasnya disana sampai segitunya.informasi yang bermanfaat gan.

    ReplyDelete
  2. Sampai 70 derajat...gag kebayang panasnya disana sampai segitunya.informasi yang bermanfaat gan.

    ReplyDelete
  3. thanks info nya gan :D
    bermanfaat :D

    ReplyDelete