Penyebab dan Cara Mengatasi Android Bootloop Blank Screen , Restart sendiri dan Stuck di Logo

Penyebab Bootloop

  Handphone blank screen ? restart sendiri ? atau stuck di logo, tidak mau masuk ke start menu ? yap itulah yang disebut bootloop. Lalu "Apa Penyebab Smartphone Android Bootloop ?" Penyebab Bootloop sendiri bermacam-macam ada yang dikarenakan mengubah atau memodifikasi system , merubah isi Build.prop, merubah file systemUI dan lainnya.

Biasanya saat terjadi seperti ini kebanyakan dari mereka langsung merasa panik dan bertanya "bagaimana cara mengatasi android bootloop?"
 
Alhasil mereka dibawa ke sebuah website yang langsung menyuruh mereka untuk melakukan "Factory Reset"  dan memang itulah cara paling sederhana dan mudah untuk mengatasi bootloop.

 Tetapi jika kalian melakukan factory reset artinya kalian sudah siap untuk menanggung resiko kehilangan semua data kalian karena dengan melakukan factory reset artinya kalian mengembalikan Android kalian pada kondisi awal saat kalian beli dengan menghapus semua data file , aplikasi yang telah di download dan di install di Android kamu sehingga yang tersisa hanya aplikasi bawaan atau "Setelan Pabrik".

Padahal tidak semua bootloop harus sampai melakukan cara tersebut dan berikut jenis dan cara mengatasi bootloop:


Cara Mengatasi Android Bootloop

Cara Mengatasi Bootloop Blank Screen dan Restart Sendiri

Jika Smartphone kamu mengalami blank screen atau restart sendiri dan tidak mau terbuka alias berhenti di logo atau animasi smartphone maka kalian cuku melakukan cara di bawah ini:

Cara Mengatasi:

Matikan android lalu cabut baterainya dan tunggu beberapa menit dan pasang kembali baterai lalu coba nyalakan kembali android kalian.


Cara mengatasi Bootloop Akibat gagal root

Ya, gagal saat proses rooting juga bisa menyebabkan Android menjadi bootloop karena saat melakukan proses rooting artinya kalian akan mengotak-atik system yang dilindungi dan jika terjadi kesalahan maka akan menyebabkan bootloop.

Cara Mengatasi

Cara mengatasi Bootloop jenis ini kalian  diharuskan memiliki file backup data ROM smartphone kalian sebelumnya melakukan restore menggunakan PC/Laptop . Tapi jika kalian belum mem-backup data ROM nya, Kalian bias mencari data recovery nya di mbah google dengan tipe ponsel tersebut. Sebab apabila data ROM nya tidak sama tentu tidak bias dilakukan restore seperti semula.




Cara Mengatasi Bootloop Tidak Bisa Masuk Ke Menu atau Stuck di Logo

Ini adalah Bootloop yang paling parah dimana smartphone tidak bias masuk ke start menu dan hanya stuck di logo atau animasi dan tidak bias bergerak lagi. Penyebab bootloop yang satu ini biasanya karena mengganti Stock ROM yang berbeda atau menginstall aplikasi yang tidak jelas. Berikut cara mengatasi:

Cara mengatasi:

Karena Bootloop yang satu ini sangat parah maka cara mengatasinya juga cukup parah yaitu dengan factory reset/Flashing atau mengembalikan ke setelan pabrik dengan resiko kehilangan semua data .

Cara mengatasi Android dengan Factory Reset

Matikan Handphone terlebih dahulu. lalu ikuti cara dibawah ini:

1. Masuk Mode Recovery

     masuk ke mode recovery hp masing-masing dengan menekan tombol Power+Vol Up untuk ASUS (tiap handphone beda-beda ya)

2. Lakukan Wipe Data / Factory Reset

     Pilih dengan menggunakan tombol Volume untuk naik dan turun dan tombol Power untuk OK (tergantung handphone)
tunggu beberapa saat lalu Reboot/Restart handphone.



Itulah sedikit penjelasan dan cara mengatasi bootloop android blank screen, restart sendiri dan stuck di Logo. Semoga artikel ini membantu dan bermanfaat :D


Post a Comment

0 Comments