Kenapa NASA Tidak Ingin Mengirim Manusia ke Planet Venus

Venus

Kenapa manusia tidak akan pernah mendaratkan diri di planet venus ?


Venus akan menjadi tempat yang tidak akan pernah kamu inginkan untuk di kunjungi. Memang benar venus seringkali di sebut sebagai kembaran dari bumi karena ukuran, gravitasi dan susunan atau campurannya sangat mirip dengan bumi kita tercinta, tetapi venus adalah planet yang sangat berbahaya.

Venus
Merupakan planet paling dekat kedua setelah merkurius menjadikannya sebagai planet terpanas di sistem tata surya bahkan memiliki hari yang sangat panjang dimana satu hari di sana lebih dari satu tahun di bumi.

Venus merupakan planet paling dekat dengan Bumi


Sebagai planet terdekat dari bumi, hanya dalam waktu 100 hari kita dapat sampai ke planet venus, tapi mencari tempat pendaratan mungkin akan sangat sulit bahkan mustahil karena seluruh permukaannya di selimuti oleh awan beracun (sulfur dioxide) permanen.Ketika kamu turun melewati awan-awan tersebut, kamu akan terkena hempasan angin yang memiliki kecepatan hingga 220-mph. Lalu 30 mil ke bawah hempasan angin akan reda dan kamu akan memasuki kabut beracun.

TechInsider


Hujan di venus mengandung sulfuric acid atau biasa di sebut hujan asam sulfat dan dengan atmosfir yang sangat panas, hujan itu akan menguap di udara menciptakan sebuah kabut asam sulfat yang sangat tebal. Ketika kamu keluar dari kabut, kamu akan merasakan suhu 600 F dan tekanan 10 kali lebih besar dari tekanan laut di planet bumi. Saat kamu mencapai permukaan, tekananannya akan 92 kali lebih besar, tekanan yang sama yang bisa kamu rasakan setengah mil kedalaman laut di planet bumi dan suhu mencapai 870 F, diaman panasnya cukup untuk mencairkan timah.

Bagaimana apabila kita mendarat di kutub utara venus ?


Jangan pikir bahwa jika kita  mendarat di kutub utara venus maka suhu akan terasa lebih dingin karena venus tidak memiliki poros sehingga membuat suhu di seluruh permukaannya sama.

TechInsider

Kita coba katakan  saja jika entah bagaimana kamu menemukan cara untuk bertahan di bawah sana, tetapi menjelajahi venus akan terasa sangat sulit. Awan di planet venus memantulkan 90% cahaya matahari yang menabrak mereka.
Jadi, cahaya di permukaan akan remang-remang, membuat kita sulit untuk melihat apapun di permukaannya. Ditambah lagi kamu akan membutuhkan pasokan oksigen yang banyak sebab atmosfir venus mengandung 96% CO2, 3,5% N dan kurang lebih 1% CO, Ar, SO2, H2O.

TechInsider

Disana tentu akan lebih beresiko terkena kerusakan sel dan bahkan kanker.
Venus tidak memiliki medan magnet seperti yang kita tahu, sehingga energi radiasi kosmik akan sangat tinggi di sini dan tentu itu sangat berbahaya. Merasa gemuk ? di sana kamu akan merasa lebih ringan karena venus memiliki 91% masa planet bumi. Jadi, berat badanmu akan terasa berkurang 10%.

Mungkin banyak orang yang berpikir bahwa awan planet venus menyembunyikan surga tropis di bawah sana sampai sebelum abad ke-20 dimana pesawat ruang angkasa di luncurkan dan menemukan bahwa tempat itu seperti neraka.

Baca Juga : Penjelasan kenapa bagi kita, Bumi Terlihat Datar 


Silahkan share jika bermanfaat gan :D

sumber:TechInsider, Wikipedia

Post a Comment

11 Comments

  1. luar biasa gan, kalo sempat dikirim manusia kesana otomatis gk bisa hidup

    ReplyDelete
  2. oh, jadi seperti itu alasannya. Terima kasih sudah berbagi gan. saya jadi tahu.

    ReplyDelete
  3. wah ngeri juga kalo manusia kirim ke planet bsa2 nambah konspirasi lg wkwkwk

    ReplyDelete
  4. kalo manusia dikirim ke venus :D apakah jomblo bisa mendapatkan pasangannya disana :V

    ReplyDelete
  5. ngeri gan edaaan . simpleparse.blogspot.com

    ReplyDelete
  6. Bisa koid badan nih . :3 untung manusia cuma ada di bumi ..

    ReplyDelete
  7. :v krimin monyet aja dulu, tpi kasian deh

    ReplyDelete